5 Tanda Keguguran Saat Hamil Muda (Trimester Pertama)

Obat Kista Alami | Keguguran merupakan keadaan dimana janin dalam kandungan keluar sebelumnya dan ia gagal untuk hidup. Beberapa faktor pun menjadi penyebab keguguran tersebut seperti kelainan hormon, kelainan kromosom, rahim yang lemah, infeksi virus, gaya hidup, penyakit kronis, serta usia bunda yang tengah hamil terlalu muda atau terlalu tua.

Jika faktor penyebab keguguran telah diketahui, gejala atau tanda ketika bunda mengalami keguguran, menjadi faktor yang juga sangat penting. Berikut ini beberapa tanda jika bunda mengalami keguguran ketika hamil muda.

5 Tanda Keguguran Saat Hamil Muda

tanda keguguran
Flek atau pendarahan

Flek atau pendarahan pada dasarnya merupakan hal normal yang terjadi pada ibu hamil akibat perubahan hormonal serta pelekatan sel telur di dinding rahim. Namun ketika keguguran, flek atua pendarahan terjadi terus-menerus atau dalam waktu yang lama.

Perut yang terasa kram

Seperti halnya flek, kram pada perut juga biasanya menjadi hal yang normal, namun jika kram perut ini terjadi sangar hebat dan diserta perdarahan, ini bisa menjadi tanda keguguran.

Baca juga : 5 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Keluarnya cairan dari organ intim

Katika bunda mengalami hal aneh berupa keluarnya cairan seperti keputihan namun lebih gelap, bahkan selanjutnya diikuti dengan cairan berwarna merah, segera periksakan diri karena bisa menjadi sebuah tanda keguguran.

Tanda-tanda kehamilan yang berkurang

Morning sickness yang memang biasa terjadi saat bunda hamil bunda justru merupakan hal normal dan menjadi tanda bahwa janin dalam kandungan sehat. Namun morning sickness, perubahan pada payudara, serta tanda kehamilan lainnya menghilang dengan cepat, dinisilah bunda justru harus waspada karena bisa menjadi tanda keguguran.

Gerakan dan denyut jantung janin menghilang

Semakin bertambahnya usia kandungan, semakin tinggi pula terjadinya pergerakn pada janin. Namun ketika hal ini tidak terjadi, bunda harus segera memeriksakan kandungan karena dikhawatirksn jika bunda mengalami keguguran. Bahkan ketika dalam pemeriksaan USG, akan bisa diketahui jika detak jantung janin tidak ada, maka itu menjadi tanda bahwa bunda keguguran.

Itulah beberapa tanda bahwa bunda mengalami keguguran di usia kehamilan yang masih muda, dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaaan ketika merasakan hal yang aneh dengan kandungan.

Untuk menghindari keguguran saat hamil muda, sebaiknya bunda jangan melakukan kegiatan yang terlalu berat, perhatikan makanan yang dikonsumsi, hindari rokok, dan sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi, hindari stress, serta lakukan olahraga ringan yang aman untuk seorang ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *