Benarkah Kista Dapat Tumbuh di Payudara ?

Seperti yang telah anda ketahui jika kista tak hanya tumbuh di daerah kewanitaan, namun juga dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh termasuk payudara.

Mengenal Kista Payudara

kista payudara

Benjolan bulat atau oval yang menyerupai balon berisi air ini dapat terbentuk dalam berbagai ukuran dengan diameter sekitar 2,5 sampai 5 cm yang biasanya terjadi pada wanita berusia 35 tahun sebelum menopause, walaupun pada kenyatannya dapat terjadi pada berbagai usia. Ketika benjolan semakin membesar, maka jaringan yang ada di sekitarnya akan tertekan dan menimbulkan rasa nyeri dan menimbulkan ketidaknyamanan pada payudara.

Tumbuhnya kista payudara ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa faktor kelebihan hormon estrogen dalam tubuhlah yang dapat merangsang jaringan pada payudara secara tidak langsung dapat merangsang tumbuh dan berkembangnya kista payudara. Di samping itu, kista payudara ini juga dapat berkembang saat kelenjar dan jaringan ikat pada payudara menghambat saluran susu, sehingga kelenjar dan jaringan ikat tersebut akan melebar dan kemudian terisi cairan.

Baca juga : Obat Kista Tanpa Operasi

Bahayakah Kista Payudara Ini ?

Sebagian besar kista payudara ini dapat hilang dengan sendirinya, namun jika kista membesar dan menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman, segera anda periksakan diri kembali pada dokter karena dokter biasanya akan mengambil langkah dengan mengeluarkan cairan menggunakan suntikan dan jarum. Kenampakan cairan yang dikeluarkan biasanya berwarna cerah dan gelap.

Jadi kesimpulannya, kista pada payudara sama halnya dengan kista yang tumbuh pada daerah lain dalam tubuh, dan jika ukuran dan gejala abnormal mulai dirasakan, tindakan medis harus dilakukan sedini mungkin untuk mencegah tumbuhnya kista yang lain di daerah yang sama atau bahkan di daerah yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *