Cara Membersihkan Vagina dengan Benar

Banyak wanita yang belum memahami dan tahu bagaimana cara membersihkan vagina dengan baik dan benar, sehingga mereka sering mengeluhkan munculnya bau yang tidak sedap pada vagina tersebut. Menjaga kebersihan vagina memang diperlukan untuk menghindari timbulnya infeksi yang bau tidak sedap tersebut.

Membersihkan vagina sebaiknya dilakukan dengan cara sering mengganti pantyliner sehingga daerah vagina tetap kering dan bersih. Waktu membersihkan daerah tersebut setelah kencing atau BAB, yaitu dengan melakukan penyiraman dari depan dan dibersihkan dengan tangan satunya dari depan ke belakang. Hal ini dapat menekan kontaminasi seminimal mungkin.

Bukan hanya itu, anda juga perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini dalam membersihkan vagina dan menjaga kesehatannya, yaitu :

Solusi dalam Membersihkan Vagina

membersihkan vagina

  • Kenakan celana dalam berbahan katun karena mudah menyerap keringat dan kelembaban, serta baik untuk sirkulasi darah.
  • Setelah berenang atau olahraga, segera gant pakainan dan celana dalam secepat mungkin. Membiarkan pakaian basah menempel terlalu lama pada tubuh akan memicu pertumbuhan bakteri merugikan.
  • Saat menstruasi, ganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam sehari, tergantung banyaknya darah haid yang keluar.
  • Vagina memiliki kemampuan membersihan sendiri, sehingga tidak direkomendasikan membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa menganggu pH vagina.
  • Bagi wanita yang sudah menikah, basuh segera vagina sesaat setelah berhubungan intim.

Setelah mengetahui teknik atau cara membersihkan vagina dengan baik dan benar, kebersihan dan kesehatan vagina tentunya dapat terjaga serta terhindar dari infeksi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *