Hal-hal Ini Ternyata Dapat Melukai Vagina Anda

Kesehatan vagina menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan, mengingat vagina bagian kewanitaan lainnya lebih rentan menjadi media pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab masalah pada organ intim anda. Salah satu cara dalam menjaga kesehatan vagina adalah dengan memerhatikan hal-hal ini yang ternyata dapat melukai vagina anda.

Hal-hal yang Dapat Melukai Vagina

penyebab luka vagina

Krim

Ternyata bahan kimia yang terkandung dalam krim pembersih bulu bisa membuat vagina anda infeksi.

Douching

Douching adalah tindakan menyemprotkan air atau larutan khusus ke vagina secara langsung. Aktivitas ini bisa membuat vagina jadi mengering dan mengakibatkan infeksi jika anda melakukan douching terus-menerus.

Sabun wangi

Sabun pembersih daerah kewanitaan yang mengandung wewangian ternyata dapat menimbulkan efek samping. Bukannya bersih, vagina anda malah kering dan menjadi infeksi karena bakteri baik pada vagina ikut terbunuh.

Celana jeans ketat

Bagi anda yang terbiasa mengekan jins ketat, mulai dari sekarang sebaiknya anda kurangi pemakaan jeans ketat tersebut, karena bahan rapat pada jeans bisa membuat organ kewanitaan anda ‘sesak napas’ yang akan memicu pertumhuhan jamur dan bakteri.

Bersepeda

Sadel sepeda yang terlalu keras dapat membuat area intim nyeri. Jadi, sebaiknya anda mencari sadel yang empuk dan nyaman. Hal ini bisa meminimalisir resiko nyeri di organ kewanitaan.

baca juga : obat kista ovarium tanpa operasi

Terlalu lama berendam

Berendam dalam jangka waktu lama harus anda hindari, karena seperti yang anda ketahui jika air dalam bak mandi tersebut tak mengalir dan kemungkinan bisa menjadi media pertumbuhan bakteri.

Pembalut

Penggunaan pembalut yang tidak benar dapat memicu iritasi pada vagina. Terlalu lama pemakaian, pembalut dengan gel, atau bahan kimia seperti klorin dapat menumbuhkan bakteri jahat serta menimbulkan masalah seperti rasa gatal di daerah vagina dan keputihan berkepanjangan, bahkan menimbulkan risiko kanker serviks.

Yuk, mulai jaga kesehatan organ kewanitaan anda mulai dari sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *