Kista Dapat Sebabkan Kemandulan

obatkistamanjur.com,- Kista ovarium merupakan penyakit yang menyerang alat reproduksi wanita berbentuk kistik dan berisikan cairan-cairan kental yang dapat berupa nanah, udara ataupun bahan-bahan lainnya.

Berdasarkan keganasan penyebaran dan kerusakannya, kista dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Kista Non-neoplastik,- bersifat jinak, benjolan mengempis dan hilang dengan sendirinya, serta tidak memerlukan operasi karena biasanya dalam kurun waktu 2-3 bulan dapat sembuh.
  2. Kista Neoplastik,- bersifat berbahaya, dan memerlukan tindakan operasi yang dilakukan sesuai dengan ukuran benjolan yang terdapat pada indung telur.

Lalu, bagaimana dengan kista yang tidak ditangani dengan benar ? Sebagian besar orang berpendapat jika kista tersebut akan mengakibatkan kemandulan pada penderitanya.

Kista Dapat Sebabkan Kemandulan

kista sebabkan kemandulan

Kista yang dibiarkan tanpa penanganan medis akan berbahaya pada kesehatan reproduksi wanita. Penyakit ini tidak pandang bulu menyerang siapa saja dalam kategori umur. Pada umumnya menyerang wanita dalam kategori umur 20-30 tahun. Kista yang dibiarkan penyebarannya akan mengganggu kesehatan anda terutama sistem hormon yang memengaruhi siklus menstruasi anda. Jika dibiarkan berlarut-larut akan berisiko terserang kanker endometrial, tekanan darah tinggi, berisiko terserang diabetes dan kanker payudara.

Pada penderita yang sudah parah, kista dapat meningkatkan risiko kemandulan. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan menyalurkan sel telur dengan baik. Selain itu, ada beberapa masalan lain yang menyebabkan wanita sulit mendapatkan momongan seperti adanya kegagalan ovulasi yang disebabkan karena pengangkatan kista  yang dilakukan berulang. Operasi berulang inilah yang akan menyebabkan kerusakan ovarium dan adaya infeksi pada folikel yang tidak matang.

Proses pencegahan memang selalu menjadi solusi utama. Baik mencegah sebelum penyakit datang maupun mencegah timbulnya kerusakan lebih parah. Anda juga harus tetap berhati-hati dalam memilih metode yang akan anda jalankan, agar hasil yang diharapkan bisa sesuai tanpa menimbulkan efek samping.

Itulah informasi mengenai Kista Dapat Sebabkan Kemandulan yang dilansir dari http://bidanku.com/. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi para wanita untuk menghindari penyakit kista ovarium ini.

 

Baca juga artikel bermanfaat lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *