Kista Ovarium pada Kehamilan

Kista ovarium pada kehamilan terjadi karena adanya sel telur yang keluar dari ovarium dan melebur bersama sperma. Ketika ada kekosongan, maka hormon human chorionic gonadotropin di dalam ovarium menjadi kista. Kista pada masa kehamilan tidak selamanya membahayakan karena akan mengalami penyusutan sekitar minggu ke-10 dan hilang pada minggu ke-16. Kista yang terbentuk pada kehamilan ini pada dasarnya tidak berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan rasa sakit yang disebabkan oleh kram perut dan mulas.

Jenis Kista Ovarium pada Kehamilan

kista pada kehamilan

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa pada dasarnya kista yang terbentuk pada kehamilan tidak akan menimbulkan bahaya, namun anda juga harus mengetahui jika kista yang terjadi pada masa kehamilan tersebut ada 2 jenis, yaitu kista yang disebabkan secara alami (fisiologis) dan kista yang disebabkan karena keadaan tidak normal (patologis).

Kista yang disebabkan oleh keadaan tidak normal inilah yang kemungkinan besar menimbulkan beberapa dampak pada ibu dan janinnya. Dampak seperti itu bisa berakibat pada pertumbuhan kista yang cepat sehingga kista memiliki ukuran yang lebih besar sekitar di atas 6 cm, karena kista yang berukuran kecil biasanya tidak akan mengganggu kehamilan maupun pertumbuhan janin.

Gangguan yang diakibatkan dari kista dengan ukuran besar misalnya, tangkai kistanya terpuntir sehingga menimbulkan rasa yang amat nyeri bagi ibu hamil dan menganggu perkembangan rahim karena mendesak rongga perut. Ibu hamil juga dapat mengalami sesak napas akibat kurangnya suplai oksigen secara optimal ke paru-paru. Rahim yang mendapat tekanan juga secara tidak langsung dapat mengganggu janin, dikarenakan pembuluh-pembuluh darah yang menyuplai oksigen maupun bahan-bahan makanan untuk janin menjadi terhambat sehingga pertumbuhan dan perkembangannyapun ikut terhambat. Penghambatan inilah yang akhirnya akan membuat kelahiran prematur bahkan keguguran.

Kista dengan ukuran besar juga akan memengaruhi proses persalinan yang diharuskan untuk melakukan caesar. Karena itulah, diperlukan upaya pencegahan terjadinya kista ovarium baik pada wanita hamil maupun wanita pada umumnya. Upaya pencegahan ini bisa anda lihat di Tips Sehat Mencegah Kista Ovarium. Sedangkan untuk pengobatannya, bisa anda kunjungi Obat Kista Ovarium Manjur Tanpa Operasi.

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga artikel kami tentang Kista Ovarium pada Kehamilan dapat bermanfaat. 🙂

 

Sumber bidanku.com, www.tabloid-nakita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *