Manfaat dan Khasiat Tauge untuk Kesehatan

Tauge adalah makanan lokal terbaik, namun tidak banyak orang yang tahu dan makan tauge. Mengingat adanya manfaat dan khasiat tauge untuk kesehatan, sekarang waktunya untuk mempertimbangkan menambahkan tauge untuk menu makan sehari-hari atau diet Anda. Berikut penjelasan selengkapnya !

Manfaat dan Khasiat Tauge untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat tauge untuk kesehatan
1. Menyehatkan Pencernaan

Salah satu hal terbaik tentang tauge adalah memiliki enzim tinggi. Ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan. Enzim adalah bagian penting dari proses pencernaan, dan mereka membantu untuk memecah makanan secara efektif dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh saluran pencernaan. Selanjutnya, serat yang ditemukan dalam taoge membuatnya sangat penting meningkatkan fungsi pencernaan yang bagus untuk membersihkan sembelit, serta diare, bahkan dapat mencegah kanker kolorektal.

2. Melancarkan Metabolisme

Taoge juga mengandung jumlah yang signifikan dari protein, yang merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan tubuh untuk melakukan semua fungsi kimia. Protein diperlukan untuk hampir semua proses tubuh, terutama penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, pengembangan otot dan sejumlah hal lain yang sangat penting untuk kesehatan.

3. Mengatasi Anemia dan sirkulasi darah

Anemia adalah kata teknis untuk kekurangan zat besi. Untuk mempertahankan jumlah sel darah merah Anda dengan jumlah yang tepat dari besi dan tembaga, anda bisa mengonsumsi tauge. Anda akan mengalami peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh Anda, sehingga meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

4. Menjaga kesehatan jantung

Tauge adalah sumber asam lemak omega-3, dan secara teknis bentuk kolesterol mereka dianggap “baik” kolesterol (HDL kolesterol) dan benar-benar dapat mengurangi jumlah berbahaya kolesterol LDL dalam pembuluh darah dan arteri. Omega-3 juga anti-inflamasi almai, sehingga mereka mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Selain itu, kandungan Kalium tauge juga membantu untuk menurunkan tekanan darah, karena kalium merupakan vasodilator, dan dapat melepaskan ketegangan dalam arteri dan pembuluh darah. Hal ini meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi, sementara mengurangi pembekuan dan menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

Baca juga : Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin-C dalam tauge membuatnya mampu melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, sebagai tunas yang terus berkembang, vitamin A dalam tauge berkali lipat dari aslinya. Vitamin A inilah yang memiliki beberapa sifat antioksidan yang membuat sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.

6. Mencegah kanker

Aktivitas antioksidan dalam senyawa organik yang ditemukan dalam tauge membuatnya menjadi pilihan anti kanker. Vitamin C, vitamin A, serta asam amino dan protein (termasuk jumlah besar enzim) juga dapat mempengaruhi radikal bebas dalam tubuh. Mereka juga bertanggung jawab untuk beberapa penyakit jantung, penuaan dini, penurunan kognitif, dan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. Tauge dapat menetralkan efek-efek, sehingga membantu untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker.

7. Menjaga Berat badan

Tauge adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi tetapi sangat rendah kalori. Ini berarti bahwa Anda dapat makan taoge tanpa khawatir tentang mengkompromikan diet Anda. Selanjutnya, serat dalam taoge membantu untuk membuat Anda merasa cepat kenyang.

6. Menghindari cacat pada bayi

Cacat tabung saraf adalah salah satu efek samping yang paling umum dari kekurangan folat, anggota vitamin B kompleks. Tauge memiliki sejumlah folat. Dengan demikian, bisa melindungi bayi Anda dari kondisi kecacatan yang ditakutkan tersebut.

So, sekarang saatnya untuk memilih tauge yang sehat dan bermanfaat ini yah ! 🙂

By Obat Kista Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *