Mengenal Kista Jinak dan Kista Ganas

Mengenal Kista Jinak dan Kista Ganas,- Menurut dr. Pribakti, Sp.OG (K) dari RS yang ada di Banjarmasin, kista ovarium sering dijumpai pada wanita usia reproduksi dan 95% jinak, yang artinya hanya 5% bersifat ganas. Sebagian dari kista itu menetap atau bahkan menghilang tanpa pengobatan dan operasi. Namun pakar lain berpendapat bahwa 20-30% kista berpotensi menjadi ganas dan mencurigai bahwa kista ovarium merupakan salah satu pemicu timbulnya kanker ovarium pada wanita di atas 40 tahun, namun mekanisme terjadinya kanker masih belum jelas, sehingga wanita usia di atas 40 tahun dianjurkan melakukan skrining atau deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya kanker ovarium.

Mengenal Kista Jinak dan Kista Ganas

kista ovariumAda beberapa cara untuk mendeteksi apakah kista pada ovarium tersebut bersifat jinak atau ganas, antara lain :

Berdasarkan pemeriksaan fisik

  • Jinak,- Pergerakan mudah digerakan (mobile), konsistensi/isi kistik, terdapat hanya di 1 sisi atau 2 sisi tubuh, dan permukaan halus serta tidak berdungkul (smooth).
  • Ganas,- Pergerakan sulit digerakan (fixed/menetap), konsistensi/isi padat (solid), terdapat di 1 sisi dan 2 sisi tubuh, dan permukaan yang berdungkul-dungkul.

Berdasarkan hasil radiografi

  • Jinak,- Kista sederhana dengan ukuran kurang dari 10 cm, tebal sekat kurang dari 3 mm, 1 sisi, dan tidak membentu massa di perut.
  • Ganas,- Tumor solid (padat) atau campuran, banyak sekat dan tebal sekat (dinding) lebih dari 3 mm, 2 sisi, dan membentuk massa di perut (asites).

Berdasarkan pemeriksaan patologi anatomi (PA) sel-selnya

  • Jinak,- Tidak ada perlekatan sehingga mudah digerakan (mobile), dan kapsul (pembungkus) kista utuh.
  • Ganas,- Ada perlekatan sehingga sulit digerakan (fixed), dan kapsul (pembungkus) kista tidak utuh dan pecah.

Kista mempengaruhi siklus menstruasi wanita karena sistem hormonal yang terganggu. kista juga dapat menyebabkan seseorang perempuan menjadi mandul. Folikel yang tidak matang dan ketidakmampuan untuk menyalurkan sel telur (proses ovulasi) sepertinya menjadi penyebab rendahnya jumlah hormon stimulasi. Seorang perempuan yang didiagnosa menderita kista biasanya berusia sekitar 20-30 tahun.

Upaya pencegahan sejak dini perlu dilakukan, namun kebanyakan kasus sulit untuk melakukan upaya tersebut. Salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan pemeriksaan sedini mutindakan pengobatan yang cepat dan efektif guna menghambat dan menghancurkan pertumbuhan kista ovarium tersebut, salah satunya dengan obat herbal multikhasiat Jelly Gamat Gold-G. Informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi postingan kami di Obat Kista Ovarium Manjur Tanpa Operasi.

 

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat 🙂

 

by http://obatkistamanjur.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *