Mitos Seputar Penyakit Kista

Mengungkap Mitos dan Fakta Kista Ovarium

Kebanyakan masyarakat masih berpegang pada kepercayaan yang belum memberikan penjelasan sebenarnya termasuk pada penyakit kista ovarium. Ada beberapa Mitos Seputar Penyakit Kista yang masih dipercaya masayarakat luas, diantaranya :

mitos tentang kistaMitos : Kista dapat dipicu karena sering minum es saat haid
Fakta : Menurut kolonel Dr.Frits Max Rumintjap,SPoG(K) bahwa minum es saat haid tidak ada hubungannya sama sekali dengan kemunculan kista ovarium. Minum es hanya akan memengaruhi daya tahan tubuh, kerongkongan, dan masuk angin. Bahkan mitos minum-minuman dingin saat haid menyebabkan kista juga dibantah oleh Dr.Prima Progestian,SPoG,CH,CHt yang menyatakan bahwa itu merupakan mitos dan tidak benar.

Mitos : Semua kista akan hilang dengan sendirinya
Fakta : Tidak semua kista dapat hilang dengan sendirinya. Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk dapat memastikan jenis kista yang tumbuh pada tubuh anda. Kista yang hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 6-8 minggu adalah jenis kista fungsional yang terbentuk dari proses ovulasi yaitu folikel dan luteum sehingga tidak menimbulkan bahaya. Namun anda harus waspada karena kista juga dapat tergolong ganas ketika sudah melebihi 5cm dan terjadi keluhan. Hal ini tentunya memerlukan penanganan untuk segera melakukan tindakan pembedahan. Namun tidak menutup kemungkinana pembedahan tersebut dapat dihindari dengan obat kista ovarium manjur tanpa operasi.

mitos kista 2Mitos : Nyeri haid merupakan tanda awal adanya kista
Fakta : Nyeri haid merupakan hal yang wajar, namun jika sudah berlebihan diikuti dengan munculnya nyeri panggul selama masa menstruasi dan setelah periode menstruasi anda mengalami muntah, hal ini baru menjadi kemungkinan adanya kista. Meskipun sakit pada saat haid merupakan salah satu gejala awal kista, namun anda harus tetap melakukan pemeriksaan medis untuk lebih mengetahui secara jelas apakah ada kista yang tumbuh atau tidak tanpa terlalu berpacu pada gejalanya saja.

Mitos : Makan bayam dan tahu bersamaan akan menyebabkan kista
Fakta : Beredar broadcast message yang menyampaikan bahwa makan bayam dan tahu secara bersamaan akan membentuk senyawa yang akan mengakibatkan kista bagi anda yang mengkonsumsinya. Anda jangan dulu percaya, karena menurut Dr.Damar Prasmusinto,SPoG menyatakan bahwa tidak ada hubungannya sama sekali jika kedua bahan makanan tersebut yang mengandung nutrisi dengan munculnya kista. Munculnya kista disebabkan oleh bawaan lahir dan faktor pertumbuhan abnormal di lapisan enometrium. Adapun untuk anda yang sering mengkonsumsi junk food akan mengalami resiko polycystic ovary syndrome sehingga akan mengganggu organ reproduksi anda.

Oleh karena itulah, anda jangan terlalu percaya pada hal yang belum ada penjelasan ilmiahnya. Namun mungkin sikap waspada memang harus selalu anda tanamkan, tapi ingat jangan sampai berlebihan. Cari tahu lebih dan jelas mengenai informasi yang beredar serta anda terima tersebut.

 

Artikel Terkait :

 

Sumber http://bidanku.com/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *