Penyebab Munculnya Bercak Darah Selain Haid

Ketika anda menemukan bercak darah di celana dalam, yang pertama terlintas di pikiran anda mungkin ini adalah darah haid. Tapi, jika masa haid sudah berlalu bagaimana ? Apa yang menjadi penyebab bercak darah tersebut keluar ? Para ahli pun berpendapat bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab keluarnya bercak darah dari miss v selain haid.

Penyebab Bercak Darah Selain Haid

penyebab munculnya bercak darah selain haid
Pertanda hamil

Studi mengungkapkan bahwa 20% wanita akan menemukan bercah darah di 12 minggu awal kehamilan. Bercak darah yang keluar pun lebih sedikit dibandingkan dengan darah yang keluar saat menstruasi.

Pasang IUD atau KB

Pemasangan IUD yang menjadi salah satu bentuk kontrasepsi ini bisa menyebabkan pendarahan yang tidak teratur. Wanita yang menggunakan IUD ParaGard bisa mengalami haid yang lebih lama dan banyak. Untuk mereka yang menggaunakan IUD Mirena pun bisa mengalami pendarahan akibat hanya mengandung progestin dan levonorgestrel yang dalam jumlah yang minim. Bukan hanya itu, pendarahan juga bisa terjadi akibat IUD yang dipasang berada dalam posisi yang tidak tepat.

Gangguan tiroid

Ketika anda mengalami gangguan tiroid, kemungkinan anda akan mengalami pendarahan. Hal ini akibat dari tiroid sub-par yang bisa memengaruhi pituitari (kelenjar yang mengeluarkan hormon). Ketika hormon bermasalah, makan kondisi tubuh juga akan mengalami masalah dan kemungkinan munculnya bercak pada wanita bisa terjadi.

Hubungan intim

Terkadang hubungan intim juga bisa memicu munculnya bercak darah bahkan pendarahan. Hal ini terjadi akibat hubungan yang terlalu kasar atau miss v berada dalam kondisi yang kurang basah.

Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS adalah kondisi dimana fungsi ovarium tidak dapat bekerja dengan baik. Gejala yang dapat anda rasakan saat mengalami PCOS ini yaitu haid yang tidak teratur dan munculnya bercak darah atau pendarahan.

Kanker

Bercah darah yang muncul bisa menjadi pertanda adanya kanker serviks atau rahim. Ini menjadi alasan penting mengapa anda harus mewaspadai pendarahan yang terjadi di luar masa haid.

Penyakit Menular Seksual

Selain kanker, penyakit menular seksual juga ditandai dengan pendarahan yang terjadi di selain di masa haid. Terkadang, penyakit ini juga tidak menunjukan gejala yang siginifikan, sehingga sulit diidentifikasi.

Obat-obatan tertentu

Obat pengencer darah biasanya akan memengaruhi kondisi haid dan munculnya pendarahan di luar masa itu. Selain itu, pengontrol kehamilan seperti NuvaRing juga bisa menjadi penyebabnya, karena kandungan estrogen dan progestin.

Itulah beberapa penyebab munculnya bercak darah selain haid yang bisa dialami oleh para wanita. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, anda bisa lebih hati-hati dan sigap jika kondisi tersebut menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *