Perubahan Kulit yang Terjadi Ketika Wanita Menstruasi

Sudah menjadi sebuah fakta umum jika wanita memiliki emosi yang tak stabil ketika mereka akan atau sedang ada dalam siklus menstruasi. Bukan hanya suasana hati atau emosi, perubahan kondisi kulit pun kemungkinan bisa terjadi, dan membuat stress semakin memburuk. Untuk itu, perlu anda ketahui beberapa perubahan kondisi kulit ketika menstruasi, agar anda tak merasa takut atau khawatir mengenai kondisi yang anda alami tersebut.

Perubahan Kulit yang Terjadi Ketika Wanita Menstruasi

Perubahan Kulit yang Terjadi Ketika Wanita Menstruasi

Produksi minyak yang meningkat

Saat menstruasi, estrogen pada tubuh wanita akan mengalami penurunan, sedangkan endrogen mengalami peningkatan. Hal ini memicu produksi minyak berlebih serta membuat pori-pori mengalami sumbatan dan membuat jerawat kemungkinan tumbuh. Untuk menghindari munculnya jerawat tersebut, anda harus membersihkan wajah secara rutin ketika menstruasi guna menurunkan konsentrasi bakteri serta untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Pori-pori yang membesar

Lonjakan kadar progenteron yang terjadi pada seminggu sebelum menstruasi membuat pori-pori tersumbat dengan sebum, sehingga membuatnya terlihat lebih besar dibandingkan biasanya. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan pembersih atau pengobatan asam salisilat.

Kulit menjadi kering

Kulit yang mendadak menjadi kering pun bisa terjadi selama menstruasi akibat tingkat estrogen yang rendah. Oleh karena itu, penting untuk anda dalam menjaga kelembaban kulit dengan cara menggunakan produk pelembab yang aman dan cocok dengan kulit anda. Anda juga sebaiknya perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan yang tinggi Vitamin maupun Mineral.

Kulit lebih sensitif

Menurut salah satu pakar kecantikan mengungkapkan bahwa hormon penyebab sumbatan pada pori-pori, juga bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif pada sinar matahari. Produk yang kaya SPF bisa menjadi solusi yang pas untuk anda.

Dengan mengetahui beberapa perubahan kulit yang bisa terjadi saat menstruasi datang, anda tidak akan heran atau ketakuan ketika mengalaminya. Dan dengan sigap anda bisa mengatasi perubahan tersebut agar kondisi kulit tak belanjut ke tahap yang menakutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *