Ternyata Selaput Dara Tak Hanya Satu Jenis

Jika kita mendengar kata “selaput dara”, otomatis kita akan teringat dengan keperawanan. Beberapa orang percaya jika selaput dara seorang wanita yang telah robek, itu tandanya wanita tersebut sudah tidak perawan lagi, padahal hal tersebut tidak benar adanya, karena banyak faktor yang menjadi penyebab roberknya selaput dara pada wanita seperti halnya bersepeda, jatuh. benturan dll.

Selain hal tersebut, faktor yang memicu mudah atau tidaknya selaput dara seorang wanita robek dipengaruhi juga oleh jenis selaput dara itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis selaput dara yang belum sepenuhnya para wanita ketahui.

Jenis-jenis Selaput Dara

jenis jenis selaput dara

  • Type anular, tidak sedikit yg menyebut bahwa ini merupakan wujud selaput dara yg sempurna. Wujudnya bulat penuh seperti cincin & wujudnya amat sering ditemukan.
  • Jenis sentum, dinamakan begitu sebab adanya selaput yg mencetak septum atau jembatan kepada muara vagina lantaran pengerjaan lubang yg tidak sempurna
  • Kategori bln sabit, berbentuk cincin yg tak sempurna bulatannya.
  • Type selaput dara yg jarang ditemukan di mana berbentuk bibir vulva. Berlangsung ganjalan dikala pembentukan tulang
  • Type fimbia, ditandai dgn pola tak rutin(irregular) terhadap dindingnya
    Kategori dentikuler, lantaran berpola seperti gigi di sekeliling hymen
  • Type subseptus, yg jarang ditemukan & wujudnya seperti septum tapi tak penuh (serupa wujudnya bersama anak tekak).

Selain jenis di atas, ada juga kelainan yang terjadi pada selaput dara wanita yang mengaharuskannya melakukan pembedahan, seperti selaput dara dengan lubang kecil mirip saringan atau lubang kecil seukuran pentul jarum yang menyebabkan wanita kesulitan dalam melakukan hubungan intim, sehingga harus dilakukan pembedahan. Bahkan ada kondisi yang langka ditemukan yakni tidak adanya lubang pada selaput dara tersebut yang biasanya terjadi ketika wanita masih bayi baru lahir. Namun jika pembentukan lubang tak juga terjadi hingga dewasa, maka anak tersebut alam mengalami masalah mestruasi saat waktunya nanti.

Jadi, penting bagi anda, khususnya para wanita untuk mengetahui lebih dalam tentang selaput dara dan keperawanan seorang wanita. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *