Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

Seperti yang kita ketahui, bahwa alat reproduksi adalah bagian vital yang seharusnya bisa dijaga dengan baikm karena dengan alat atau bagian organ inilah anda bisa mendapatkan seorang anak, terutama bagi para wanita yang akan mengandung kelak.

Tak sedikit para wanita yang sering lengah dan tidak mempedulikan bagaimana ia harus menjaga kesehatan reproduksinya yang menjadi aset berharga seorang wanita. Banyak hal yang menjadi pemicu lengahnya para wanita. Dan kini saatnya kita untuk mengatasi hal tersebut melalui beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita agar fungsinya tetap berjalan normal.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

Bersihkan bagian luar vagina setelah buang air

Anda harus selalu membersihkan bagian luar vagina sesudah buang air kecil atau besar. Alangkah lebih baik, jika anda menggunakan air bersih yang mengalir agar kuman-kuman yang berasal dari kotoran tersebut lebih cepat menghilang.

Jangan menggunakan sabun pada alat reproduksi

Mencuci kemaluan dengan sabun dapat menyebabkan kulit mudah kering, iritasi, dan munul lah gatal. Kandungan yang ada dalam sabun, seperti pewangi, buih, juga bahan kimia lainnya, berisiko mengganggu kesehatan reproduksi.

Selalu ganti celana dalam

Anda harus selalu mengganti celana dalam di setiap harinya, setidaknya 2 kali sehari. Hal ini untuk tetap menjaga reproduksi tetap sehat dan mencegah risiko perkembangan kuman.

Menjaga kebersihan alat cukur

Alat cukur yang sering anda gunakan untuk mencukur rambut kemaluan, pastikan benar-benar bersih sebelum dipakai. Karena jika tidak, bisa menimbulkan infeksi, bahkan kondisi gangguan kulit yang lebih parah.

Bisa membedakan tanda keputihan

Keputihan pada dasarnya bersifat normal dan lumrah terjadi pada wanita. Namun ketika karakteristiknya berbeda, anda harus waspada karen itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada tubuh. Anda bisa mengenali keputihan yang kekuningan, kehijauan, berdarah, dan berbau yang menjadi keputihan abnormal. Sehingga ketika anda mengalaminya, segera konsultasikan masalah ini pada dokter.

Simak juga artikel ini : Gejala Kanker Pada Wanita yang Jarang Disadari

Sering ganti pembalut saat haid

Darah ternyata bisa menjadi sumber perkembangan kuman. Oleh karena itu, ketika sedang haid, anda diharuskan sering mengganti pembalut. Cara ini mampu mencegah berkembangnya kuman pada pembalut yang bisa masuk ke dalam organ reproduksi.

Bersihkan alat kelamin sebelum dan setelah hubungan intim

Bagi anda yang telah memiliki suami, sebaiknya biasakan untuk selalu membersihkan alat kelamin sebelum dan setelah hubungan intim dengan pasangan. Hal ini untuk mencegah gangguan pada alat reproduksi anda.

Hindari douching

Douching merupakan kebiasaan memasukkan jari pada alat kelamin untuk mempercepat terjadinya ejakulasi. Hal ini tentu dihindari, karena jari anda saat itu mungkin saja kotor dan bisa mengakibatkan kesehatan reproduksi terganggu.

Jangan merokok

Pada kemasan rokok, sudah jelas tertera bahwa “rokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan, kebuguguran”. Hal ini menjadi alasan para wanita untuk menghindarinya. Bukan hanya bagi anda yang hamil saja, bagi anda yang tak hamil pun harus bisa menghindari rokok. Karena, merokok bisa mengakibatkan kerusakan pada ovarium, sehingga berdampak pada terganggunya kesuburan.

Pola hidup sehat

Pola hidup sehat menjadi solusi utama dalam mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dengan memerhatikan pola makan dan makanan yang dikonsumsi, mengontrol berat badan, istirahat yang cukup, dapat membuat semua bagian tubuh lebih sehat, termasuk pada organ reprosuksi.

Itulah beberapa poin yang harus para wanita perhatikan agar kesehatan reproduksi bisa tetap terjaga dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

BY www.obatkistamanjur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *