Tips Mencegah Tumbuhnya Kista di Belakang Telinga

kista belakang telinga

Salah satu upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah kista di belakang telinga yaitu dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan telinga serta daerah di sekitarnya.

Dalam hal membersihkan telinga inilah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya :

Jangan mengorek telinga

Kebiasaan mengorek telinga harua dihindari karena dapat menimbulkan kerusakan pada telinga salah satunya mengurangi kenormalan gendang telinga. Hal ini terbukti dengan fakta yang menunjukan jika sebagian besar robeknya gendang telinga akibat terlalu asyik mengorek telinga.

Cukup bersihkan telinga bagian luar

Hindari mengorek telinga hingga ke rongga telinga bagian dalam karena akan menimbulkan kembalinya kotoran telinga.

Telinga tidak harus selalu bersihkan

Hal ini dikarenakan pada rongga telinga bagian dalam memiliki serumen khusus untuk melumasi telinga dan berfungsi menyaring kotoran atau debu yang masuk ke dalam telinga. Serumen ini berfungsi pula untuk mempersulit serangga kecil yang masuk ke dalam telinga.

Perawatan rutin ke dokter THT

Anda bisa menjalankan perawatan rutin ke dokter THT untuk memeriksakan dan membersihkan telinga anda dengan benar.

Kebersihan telinga dan daerah di sekitarnya yang selalu diperhatikan dengan baik dapat menghindari beragam penyerangan virus maupun bakteri penyebab timbulnya penyakit pada telinga maupun di sekitar telinga seperti di belakang telinga yang kerap mengalami benjolan atau kista. Untuk informasi lebih lengkap mengenai salah satu penyakit di sekitar telinga, silahkan simak informasinya di artikel kami > Kista di Belakang Telinga dan Pengobatannya.

 

By Obat Kista Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *