Tips Sehat Sederhana Saat Haid

Siklus haid yang dialami para wanita dengan kedatangan sekitar sebulan sekali ini biasanya menyebabkan banyak perubahan fisik dan mental para wanita akibat. Untuk menghindari perubahan fisik yang membuat daerah kewanitaan sangat lembab dan membuat tidak nyaman bahkan menjadi sarang perkembang biakan jamur atau bakteri, anda bisa mengatasinya dengan mengikuti Tips Sehat Sederhana Saat Haid berikut ini.

Tips Sehat Sederhana Saat Haid

tips sehat sederhana saat haid

Basuh dengan tepat dan bersih

Basulah daerah kewanitaan (area vagina), pantat, hingga anus menggunakan air hangat dari arah depan ke belakang. Pastikan juga tidak ada sisa sabun jika anda membasuh menggunakn sabun karena dapat menimbulkan infeksi.

Pilih sabun tanpa pewangi

Jika anda menggunakan sabun pembersih miss v, pilihlah yang berbahan ringan tanpa pewangi, pewarna, atau bahan kimia lainnya.

Gunakan Handuk yang lembut

Untuk mengeringkan vagina, pakailah handuk yang lembut agar tidak melukainya. Pastikan juga area vagina telah kering sebelum menggunakan pembalut dan pakaian dalam.

Ganti pembalut

Sering-seringlah ganti pembalut yang anda gunakan minimal 2-3 kali sehari.

Pakailah celana dalam katun

Sebaiknya pakailan celana dalam berbahan dasar katun dan hindari bahan sintesis. Hal ini dikarenakan, bahan katun akan memperlancar pertukaran udara untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada vagina.

Ingat ! penerapan tips sehat pada daerah intim juga sebaiknya anda lakukan setiap saat bukan hanya saat anda haid saja, terutama pada saat tahap membersihkannya. Anda bisa simak di Cara Membersihkan Vagina dengan Baik dan Benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *